Kabupaten Tambrauw Mulai Menjalankan Sistem SIPD

Kabupaten Tambrauw Mulai Menjalankan Sistem SIPD

Sistem Informasi Pemerintahan Daerah atau disingkat SIPD merupakan sistem informasi yang memuat perencanaan pembangunan daerah, keuangan daerah, serta pembinaan dan pengawasan pemerintahan daerah.

Pemerintah Kabupaten Tambrauw yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat yang melihat kehadiran SIPD ini sangat penting dan strategis. Sehingga melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Tambrauw berupaya keras agar aplikasi SIPD ini bisa berjalan secara baik di kabupaten konservasi ini.Kepala Bappeda Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Tambrauw, Mousche Williems Jullians Woria menjelaskan Pemerintah Kabupaten Tambrauw memandang aplikasi SIPK ini sangat penting dan perlu untuk bisa nantinya mengukur kinerja Pemerintah Kabupaten Tambrauw.

Sebab diakui bahwa, Bupati Tambrauw, Gabriel Asem memang sudah berjuang dan bekerja keras menghadirkan gedung, jalan dan jembatan serta kesejahtraan masyarakat pun diperhatikan, namun laporan kinerja pemerintah daerah masih rendah. Mengapa, karena seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tambrauw belum bisa patuh terhadap pelaksanaan program dan kegiatan yang mengacu pada indikator sasaran yang termuat dalam RPJMD.

“Sayangnya melalui sistem yang lama terdapat banyak kelalaian dan tidak taat pada proses perencanaan yang telah tertuang dalam RPJMD. Banyak progran kerja ternyata tidak sesuai dengan visi dan misi bupati,” jelasnya kepada media ini di salah satu hotel di Kota Sorong, Minggu (3/4).Baginya, kehadiran sistem SIPD akan sangat membantu perencanaan pembangunan dari setiap OPD sehingga tidak keluar atau melenceng dari indikator yang sudah ada. Makanya dengan adanya kebijakan penerapan SIPD ini, Kepala Bappeda mengundang Dirjen Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri

Agus Fathoni, Tim Tekhnis Keuda Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri Yanuar dan Kepala Bagian Umum Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri, Hendra Fitra, dalam kegiatan workshop SIPD yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Sorong.

“Bahwa penerapan sistem ini akan berjalan baik di Pemerintah Kabupaten Tambrauw. Kita harus optimis bahwa ini sesuatu yang baik, penting dan sangat membantu kita dalam melakukan perencanaan dan penganggaran. Kalau itu kita suda bangun secara baik dalam mindset kita maka proses ini akan berjalan,” ungkapnya.

Disebutkan, untuk mendukung realisasi kebijakan SIPD ini maka pemerintah daerah akan melakukan banyak pelatihan, bimbingan teknik kepada para admin, kasubag perencanaan sehingga mereka memahami dan paham kemudian bisa menjalankan program ini. Ketika mereka sudah paham secara baik dan benar maka pekerjaan ini akan sangat mudah dan gampang diikuti oleh setiap OPD. Selain itu, OPD dan anggota DPRD pun akan mendapatkan peningkatan kapasitas dalam memahami sistem ini melalui pelatihan.Kemudian, satu hal yang penting adalah penyediaan fasilitas pendukung di ibukota Kabupaten Tambrauw. Seperti, listrik akan menyala 24 jam di tahun depan, jaringan internet akan dipulihkan sehingga di tahun ini akan jauh lebih baik dari sebelumnya.”Saya sangat optimis bahwa kebijakan ini akan berjalan baik di Kabupaten Tambrauw, apalagi teman-teman OPD sangat mendukung dengan program ini. Saya sangat yakin bahwa apabila di tahun ini kita sukses dalam merealisasikan program ini maka yakinlah bahwa tahun depan akan lebih baik lagi,” tambahnya

Reporter: Vini

Sumber : Kumparan.com

Sebelumnya Bank Papua Cabang Tambrauw Hadir di Fef

Tinggalkan Komentar Anda